Kabar Baik! BPJS Bisa Tanggung Biaya Pengobatan Mental Health

Kesehatan mental atau mental health, sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan turut memberikan jaminan kesehatan jiwa bagi para pesertanya.
Ilustrasi dokter BPJS kesehatan

POSTINKS - Kesehatan mental atau mental health, sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan turut memberikan jaminan kesehatan jiwa bagi para pesertanya. Mental Health dapat memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan berperilaku seseorang, sehingga berdampak pada kehidupan sehari-hari.


Berikut adalah beberapa gangguan mental health yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

1. Depresi

BPJS Kesehatan menanggung biaya konsultasi dengan dokter, terapi, dan obat-obatan untuk mengatasi depresi.

2. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan yang membuat seseorang mengalami halusinasi (melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata), dan delusi (percaya pada hal-hal yang tidak benar).

3. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem, dari sangat bahagia (mania) hingga sangat sedih (depresi).

4. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan menyebabkan seseorang merasa sangat khawatir dan takut tanpa alasan yang jelas.

5. Obsesif Kompulsif (OCD)

OCD adalah gangguan di mana seseorang memiliki pikiran yang mengganggu (obsesif), dan merasa perlu melakukan tindakan tertentu berulang-ulang (kompulsif) untuk mengurangi kecemasan. BPJS Kesehatan menanggung biaya terapi dan obat-obatan yang dibutuhkan.

6. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia (sulit tidur) dan sleep apnea (berhenti napas saat tidur), bisa mengganggu kesehatan mental dan fisik.

7. Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD)

PTSD terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa yang sangat traumatis dan membuatnya merasa cemas atau takut yang berlebihan.

8. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

ADHD adalah gangguan yang membuat seseorang sulit fokus dan mengendalikan diri. BPJS Kesehatan menanggung biaya perawatan, termasuk konsultasi dan terapi, untuk anak-anak dan dewasa yang mengalami ADHD.

BPJS Kesehatan membantu menanggung biaya perawatan untuk berbagai gangguan mental, memastikan bahwa kita semua bisa mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Jika kamu atau orang yang kamu kenal mengalami masalah mental, jangan ragu untuk menggunakan layanan BPJS Kesehatan.
Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url