Tips Yang Pelru Diterapkan Saat Melamar Kerja Via Email

Foto ilustrasi kirim lamaran kerja via email

POSTINKS - Sebelum lanjut ke cara membuat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar, agar lamaran kerja kamu diterima dengan baik perlu kamu perhatikan dan pahami aturan sebelum mengirim lamaran. Lalu Ada beberapa aturannya? Inidia penjelasannya.

Menggunakan Akun Email Pribadi

Ketika hendak mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan tetapi lewat email, kamu harus menggunakan akun email pribadi, jika belum punya kamu bisa membuat nya terlebih dahulu. Hindari menggunakan akun email milik teman untuk keperluan mengirim lamaran atau berkas lainnya. Nama pengirim di sarankan tidak berbeda dengan alamat email pengirim.

Terkadang pimpinan perusahaan menemukan pengirim berkas lamaran menggunakan akun milik saudara atau temannya.

Buatlah Nama Akun yang Profesional
Selanjutnya, jika kamu baru membuat akun email, buatlah nama akun yang profesional. Atau jika sudah punya akun, ubah saja namanya dengan nama asli kamu.

Jangan menggunakan nama-nama akun yang aneh atau alay. Mana tau kamu mempunyai email yang sudah lama tpi dengan nama yang alay. Sebaiknya bikin akun baru saja.

Ketik Subjek Email Secara Spesifik

Berikutnya, sebelum hendak mengirim lamaran, buatlah subjek email secara jelas dan spesifik. Subjek biasanya terdapat pada kolom setelah alamat penerima email.

Biasanya perusahaan yang membuat pengumuman lowongan kerja, sudah menentukan subjek pada email. Jadi nanti kamu tinggal ikuti saja petunjuknya. Conoth subjek "NAMA KAMU - POSISI YANG DI LAMAR".

Jika tidak ada keterangan subjek di pemberitahuan lowongan kerjanya. Kamu bisa inisiatif membuat subjek sendiri seperti contoh di atas.

Pimpinan perusahaan tidak akan mengecek lamsran kalian satu persatu tetapi dia akan menyaring beberapa lamaran melalui kata kunci/keyword pada kotak masuk email mereka.

Badan Email Tidak Boleh Kosong

Melamar kerja lewat email tidak hanya mengirimkan berkas saja, melainkan ada sedikit kalimat untuk melengkapi body email, agar tidak terlalu kosong. 

Contoh isi body email seperti ini: “Dengan hormat, terlampir surat lamaran kerja dan CV saya untuk melamar kerja sebagai Content Writer sesuai iklan lowongan kerja di instagram @kerjaskuy pada tanggal 28 oktober 2023. Terima kasih atas perhatiannya. Salam hormat, Antoni Febrianty 0812 3456 7890.”

Gunakan Bahasa yang Formal dan Sopan

Budayakan bahasa indonesia yang baik dan benar serta formal karena surat lamaran kerja kamu akan bersifat resmi dan terlihat profesional. 

Jangan menggunakan bahasa sehari-hari yang kurang tepat pada surat lamaran, seperti kata "lu-gua" "aku-kau", atau bahasa daerah di sekitarmu. Koreksi kembali kata-kata pada lamaranmu, sesuaikan dengan EYD.

Aturan Lampiran Dokumen Pendukung
Sebelum melampirkan beberapa dokumen untuk dikirim, pastikan semua file berkas berformat PDF. Jika kamu membuat lamaran dari hp akan berformat .docx. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa convert file docx to PDF secara online dan gratis di google.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah ukuran masing masing dokumen PDF tadi. Jangan terlalu besar juga. Dissarankan lebih baik maximal berukuran 2MB.

Jangan Pernah Meneruskan Email

Ada fitur teruskan email atau fordward ke email lain. Sebaiknya jangan lakukan hal ini ketika kamu sudah mengirim 1 lamaran ke 1 perusahaan. Jika kamu meneruskan email yabg sudah kamu kirim, perusahaan juga bisa melihat bahwa kamu merneruskan email tersebut. Hal ini terkesan tidak serius dan tidak profesional falam melamar pekerjaan.

Jangan Mengirim Email secara Broadcast
Sama halnya dengan fitur forward email di atas. Fitur broadcast beefungsi mengirimkan email secara banyak sekaligus ke banyak penerima.

Terlihat kerja cepat tetapi hal ini tidak baik dan tidak disarankan jika keperluannya untuk melamar kerja karena surat lamaran sebelumnya sudah pastu di tujukan pada 1 nama perusahaan saja. Jadi tidak nyambung jika kamu melamar di PT.A tpi kamu juga mengirim surat lamaran yang sama ke PT.B. Dari segi posisi dan lowongan juga sudah pasti berbeda.

Itulah beberapa Tips yang pelru diterapkan saat melamar kerja via email. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url