Mari Berkunjung Ke 5 Tempat Wisata Hits di Tapanuli Selatan

Foto danau sias - Tapanuli selatan
POSTINKS - 5 Tempat wisata tapanuli selatan, sumatera utara | Kabupaten Tapanuli selatan ini memiliki banyak destinasi wisata yang populer dan sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata dengan keindahan pemandangan alam, wisata sejarah dan wisata buatan tangan manusia. Jika sedang berada di daerah Tapanuli Selatan, mari susun rute liburan kamu mulai dari sekarang. Berikut ini 5 rekomendasi tempat wisata di Tapanuli Selatan yang populer dan hits untuk kamu kunjungi saat liburan.

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Tapanuli Selatan yang Populer dan Hits

1. Aek Sabaon

Foto aek sabaon
Aek Sabaon merupakan destinasi wisata yang sangatbindah dengan pemandangan hijau nya pegunungan dan udara yang segar pula. Tempat wisata ini terletak di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Tak sedikit pengunjung pernah kesana, memberikan tanggapan bahwa suasana tempat wisata ini seperti pedesaan yang berada di luar negeri, yaitu Swiss. Aek Sabaon ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang tinggi, dan berselimut hijaunya hutan.

Ada pun beberapa bangunan rumah pun di desain mirip rumah-rumah yang berada di eropa, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan indah seperti sedang berada di Swiss.

Lokasi Wisata: Aek Sabaon,  Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

2. Gunung Sibual-Buali

Foto gunung sibual-buali
Bagi para pendaki gunung atau orang yang hobi naik turun gunung. Jika ke daerah Tapanuli Selatan, Gunung Sibual-buali bisa menjadi salah satu gunung yang patut dicoba untuk didaki.

Gunung sibual-buali merupakan salah satu gunung stratovolcano yaitu gunung berapi kerucut yang terletak di daerah ujung selatan Bukit Barisan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Daerah tersebut memiliki banyak hal unik, sehingga para pengunjung yang datang bisa memanjakan mata sejenak dengan suguhan pemandangan yang indah saat melakukan pendakian. Dengan ketinggian sekitar 1.819 mdpl, gunung sibual-buali juga kaya akan flora dan fauna yang cuma bisa di temukan di gunung ini.

Lokasi Wisata: Gunung Sibualbuali, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan.

3. Aek Sijorni

Foto aek sijorni
Wisata yang air terjun yang ini sangatlah populer di Kabupaten Tapanuli Selatan. Destinasi wisata ini diberi nama Aek Sijorni. Hal ang menarik dari air terjun ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat dengan tinggi sekitar 10 meter. Objek wisata ini tepat berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Fenomena alam unik juga terjadi pada Aek Sijorni, dimana saat daerah lain sedang mengalamibmusim kemarau, air pada air terjun ini tidak pernah surut sedikit saja dan tetap mengalir seperti biasa. Ada juga beberapa fasilitas seperti kolam renang, penginapan, parkir, dan lainnya yang tersedia di sekitar lokasi air terjun.

Lokasi Wisata: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Kec. Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan.

4. Air Terjun Sisundung Parsalakan

Air terjun sisundung parsalakan
Ada juga objek wisata Air terjun yang lain di daerah Tapanuli Selatan dengan nama Air Terjun Sisundung Parsalakan. Akses lolokasi rekreasi ini pun cukup mudah dijangkau karena berjarak sekitar 500 meter dari tempat parkir kendaraan.

Terdapat berbagai pepohonan di sekitar air terjun, sehingga udara pun tetap fresh. Air Terjun Sisundung Parsalakan ini ternyata ada dua air terjun alias kembar dan airnya mengalir bermuara pada kolam yang sama. Airnya pun sangat dingin dan segar untuk mandi sekaligus menenagkan pikiran melepas semua penat.

Lokasi Wisata: Sisundung, Kec. Angkola Barat, Kab. Tapanuli Selatan.

5. Pantai Muara Upu

Pantai muara upu
Daerah Tapanuli Selatan tidak hanya ada objek wisata air terjun dan pegunungan saja. Tetapi juga memiliki destinasi pantai yang indah juga. Pantai ini tepat berada di Desa Muara Upu, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Oleh sebab itulah mengapa nama pantai ini bernama Pantai Muara Upu.

Adapun julukan lain dari Pantai ini yang dikenal dengan nama Pantai Barat Muara Batangtoru karena letaknya di kabupaten Muara Batang Toru sebelah barat. Dengan menyuguhkan pemandangan hamparan pasir berwarna putih agak kecokelat-cokelatan dan di kelilingi pohon-pohon hijau nan rindang yang di tiup angin. 

Lokasi Wisata: Muara Upu, Kec. Muara Batang Toru, Kab. Tapanuli Selatan.

Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url