Tips Gaya Hidup Minimalis Yang Realistis Agar Tak Merasa Kekurangan

Foto ilustrasi gaya hidup minimalis yang realistis
POSTINKS
- Gaya hidup minimalis mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, bahkan gaya hidup minimalis sudah menjadi tren pada setiap kalangan di masyarakat. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari gaya hidup minimalis, seperti sehat dalam finansial keuangan,  memiliki banyak waktu yang lebih untuk melakukan hal yang lebih berguna, mengurangi dampak stres, memiliki kesempatan untuk berbagi terhadap sesama atas barang yang mungkin tidak bisa digunakan lagi namun masih layak untuk dipakai.

Namun, disamping itu ada tantangan yang mungkin akan kita hadapi dalam menerapkan hidup minimalis seperti, mengurangi hidup yang konsumtif di tengah maraknya produk yang beragam dan berkembang seiring berjalan nya waktu, belajar menghilangkan aktifitas yang tidak penting, menahan diri untuk tidak  mengikuti trend yang sedang berkembang atau hal lainnya.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, kenali dulu apa itu hidup minimalis? 
Nah, hidup minimalis adalah gaya hidup yang memiliki fokus untuk meminimalkan gangguan yang bisa menghalangi anda dalam melakukan hal yang sebenarnya penting, dikutip dari flokq.com yang dilansir dari Break The Twitch.

Hidup minimalis bisa dikatakan seperti cara atau gaya hidup sederhana, hidup dengan hal-hal yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Meminimalkan pengeluaran untuk hal yang tidak ada manfaatnya sehingga finansial keuangan akan menjadi lebih baik.

Gaya hidup minimalis adalah lawan dari gaya hidup konsumtif, hal besar yang mendorong Anda untuk hidup dengan berlebihan adalah Ego dan hawa nafsu. Perlu anda ketahui bahwa gaya hidup konsumtif tidak akan membawa kebahagiaan pada diri anda. Maka dari itu mulai la menerapkan gaya hidup minimalis.

Berbicara mengenai minimalis, tidak hanya dikaitkan pada barang-barang yang nyata atau barang barang fisik saja. Namun gaya hidup minimalis  bisa kita terapkan pada berbagai bidang seperti penggunaan media sosial, penggunaan Handphone yang bijak, gaya hidup yang sederhana namun sehat atau lainnya.

Gaya hidup minimalis akan terbentuk dari diri sendiri, karena gaya hidup minimalis sangatlah bersifat personalia, pribadi masing-masing lah  yang dapat menerapkan nya. Karena kebutuhan, keperluan, dan kepentingan setiap orang berbeda-beda. Selain hal itu, pola pikir seseorang dalam menerapkan gaya hidup minimalis juga sangat mempengaruhi.

Hidup minimalis dengan gaya hidup yang sehat dapat kita lakukan dan realisasi kan dalam kehidupan, dengan catatan semua dilakukan secara konsisten. Simak penjelasan nya, disini akan dijelaskan beberapa tips hidup minimalis yang realistis diantaranya ialah

1. Terapkan bahwa uang bukan segalanya
Foto ilustrasi uang
Penerapan mindset bahwa uang bukan segalanya sangat lah penting dalam kehidupan untuk menciptakan atau membentuk gaya hidup minimalis, ketika di pola pikir kita sudah terbentuk bahwa uang bukan segalanya maka kita tidak terlalu ambisius memiliki sesuatu atau dengan kata lain membeli sesuatu yang memang penting saja. 

Biasanya seseorang yang memiliki pola pikir bahwa uang bukan segalanya, ketika ingin membeli sesuatu lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Selain itu juga seseorang yang telah menerapkan pola pikir seperti ini akan membeli produk yang sederhana namun dengan kualitas tinggi pula, menjaga dan merawat barang yang dimiliki nya adalah salah satu prinsip yang akan diterapkan nya. Karena tidak memandang berapa mahal harga namun seberapa bagus barang yang dibeli.

2. Memilah barang yang penting dan tidak penting 
Foto ilustrasi barang-barang
Memilah barang maksudnya disini ialah memisahkan mana yang layak digunakan, mana yang sudah tidak layak digunakan. Seperti barang yang masih layak dan sering dipakai bisa disimpan, sedangkan barang yang sudah tidak layak pakai atau sudah rusak bisa dibuang. Atau jika masih layak dipakai namun tidak digunakan lagi bisa di sumbangkan atau di jual, bahasa trend nya di sebut dengan Preloved yaitu menjual barang bekas yang masih layak pakai dengan harga yang relatif murah.

Dengan cara seperti ini juga, Menjadi salah satu cara untuk menjaga, merawat, dan merapikan barang pribadi kita. Salah satu cara dalam mencegah penumpukan barang juga bisa kita lakukan dengan memilah barang dan menempatkan nya dengan benar.

Ini adalah cara yang sangat sederhana dalam membangun gaya hidup minimalis yang realistis. Karena dengan cara seperti ini kita bisa meminimalisir pengeluaran dengan tidak membeli barang-barang yang sebenarnya sudah kita miliki dan masih layak pakai serta memperdayakan apa yang sudah kita miliki.

3. Membeli sesuatu sesuai kebutuhan
Foto ilustrasi membeli kebutuhan
Disini harus kita pahami bahwa hidup minimalis beda hal nya dengan pelit. Dalam menerapkan hidup minimalis kita tetap membeli barang, ataupun jasa yang kita inginkan, namun dengan mempertimbangkan manfaat nya agar barang yang dibeli tidak terbuang sia-sia begitu saja.

Sering kali setiap kita ingin membeli barang atau hal lainnya melihat dari sisi menarik nya suatu produk tersebut padahal belum tentu barang yang menarik tersebut kita butuhkan atau bahkan kita sendiri tidak tau akan kita gunakan untuk apa barang tersebut.

Kita boleh membeli barang yang lucu ataupun menarik, tapi dalam membentuk pola hidup minimalis harus memperhatikan juga apa fungsional barang yang ingin kita beli tersebut.

4. Ubah mindset mengganti bukan menambah
Foto ilustrasi mengganti bukan menambah
Dalam memenuhi kebutuhan tentu kita boleh membeli barang baru, apalagi jika itu bersifat penting sebagai kebutuhan. Tapi, membeli kebutuhan jangan sampai berlebihan sehingga pada akhirnya barang tersebut tidak digunakan.

Membentuk mindset hidup yang minimalis, harus menerapkan prinsip mengganti bukan menambahkan keperluan. Karena jika kita menerapkan prinsip menambah ada kemungkinan barang yang ditambah tidak di pergunakan.

5. Utamakan kualitas dari pada kuantitas
Foto ilustrasi barang berkualitas
Ada baiknya ketika ingin menerapkan hidup minimalis yang sehat, maka jika membeli sesuatu lihat dari kualitas bukan kuantitas nya seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Karena jika anda membeli dengan kualitas yang bagus maka barang yang dibeli akan bertahan lama, dan tidak membuat anda membeli suatu barang dengan berulang kali. Hal ini akan membuat keuangan anda lebih irit.

Itulah penjelasan mengenai hidup minimalis yang sehat, mulai dari penjelasan apa itu hidup minimalis, apa manfaat nya, tantangan hingga tips menerapkan hidup minimalis yang baik dalam kehidupan sebagai gaya hidup.

Tips di atas merupakan cara paling sederhana yang dapat kita realisasi kan dalam kehidupan, tips di atas dapat kita lakukan dengan perlahan dan konsisten, mulai lah ubah sikap untuk tidak  mengkonsumsi barang dengan berlebihan, dan pola pikir yang lebih bijak.

Ketika anda sudah menerapkan hidup minimalis yang benar, maka kemungkinan besar finansial keuangan anda akan baik-baik saja, hidup anda menjadi lebih bermanfaat dan bernilai positif.

Gaya hidup anda bisa terlihat mewah tetapi tidak menggunakan dana yang besar, asal anda bijak dalam menetapkan pilihan anda, karena baik atau tidak, mewah atau tidak penampilan anda, pribadi anda la yang dapat mengaturnya.


Penulis: Anita Sari
Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url