Cara Cegah Mabuk Perjalanan? Lakukan 7 Tips Ini Ketika Mudik Jauh

Cegah Mabuk Perjalanan Mudik
POSTINKS - Mudik alias pulang kampung adalah momen yang sangat di inginkan semua orang yang sedang jauh merantau dari kampung halaman untuk kembali pulang dan berkumpul dengan keluarga di rumah orang tua tercinta. Walaupun menguras waktu dan tenaga, tapi tak apalah demi berjumpa dengan keluarga.

Bicara tentang mudik nih, bagi sebagian orang ketika mudik dengan perjalanan yang panjang dan cukup jauh menjadi hal yang cukup 'parno' banget, kenapa? Karena sebagian orang sangat tidak terbiasa berjam-jam duduk di dalam mobil atau kendaraan umum lainnya yang di pakai untuk perjalanan mudik.

Bagi yang tidak terbiasa perjalanan jauh dan duduk berlama-lama di dalam angkutan umum, sudah pasti mudah mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan itu seperti apa? Seperti pusing yang menyebabkan rasa mual dan akhirnya muntah. Jika sudah begini, orang sekitar kamu pun akan merasa risih berada di dekat kamu dan kalau ada penumpang lain yang tidak tahan, bisa jadi ikutan muntah juga.

Tapi kamu jangan risau, berikut ini ada beberapa tips mencegah mabuk perjalanan yang bisa kamu terapkan dan persiapkan sebelum berangkat mudik.

7 Tips Cegah Mabuk Perjalanan Jauh:

1. Atur Posisi Duduk

Gambar 1
Ketahui dulu kelemahan kamu, apa yg menyebabkan kamu mabuk, ntah itu karena AC, bau asap kendaraan atau karena duduk di depan. Jika kamu sudah mengetahui apa yang membuat kamu mabuk, kamu bisa atur posisi duduk kamu yang nyaman dan tidak membuat kamu mabuk. (Jangan naik mobil yang bau)

2. Makan Dan Minum Secukupnya

Gambar 2
Sebelum berangkat mudik, sangat disarankan tidak dalam keadaan kenyang dan tidak juga dalam keadaan lapar.
Sempatkan sejenak untuk makan secukupnya agar kamu tidak masuk angin dan jangan lupa minum air putih sebelum menempuh perjalanan jauh.
Hal yang sering saya lakukan sebelum berangkat perjalanan jauh dan ini terbukti tidak membuat saya mabuk.

3. Jangan Main Gadget Atau Membaca Buku

Gambar 3
Bermain gadget terlalu lama atau membaca buku dengan banyak tulisan, ketika dalam perjalanan dapat menimbulkan rasa pusing dan juga menjadi mual. Cobalah tahan sejenak untuk tidak bermain ponsel atau membaca buku, walaupun ini membuatmu menjadi jenuh, tapi inilah cara mencegah mabuk perjalanan.

4. Sedia Obat Anti Mabuk

Gambar 4
Sediakan obat anti mabuk sebelum menempuh perjalanan jauh dan jika mulai terasa sedikit mabuk, langsung saja minum obatnya dan buatlah sikap dudukmu menjadi senyaman mungkin.

5. Bawa Aroma Terapi

Gambar 5
Jangan lupa sediakan juga aroma terapi yang lembut seperti fresh care, minyak kayu putih, atau minuman jahe. Pilih 1 satu saja ya, sesuai selera kamu untuk sesekali dihirup dan bisa juga membawa permen rasa mint agar rasa mual kamu hilang.

6. Tidur 

Gambar 6
Jika kepala mulai terasa pusing, cobalah istirahatkan mata kamu dengan cara memejamkannya. Pusing juga bisa memicu rasa mual, cobalah untuk tidur sejenak sampai rasa pusing kamu hilang dan hirup sesekali aroma terapi yang kamu bawa. Cara ini juga sudah saya buktikan dan ampuh juga untuk mencegah mabuk perjalanan.

7. Keluar Sejenak Dari Mobil

Gambar 7
Kalau mobil yang kamu tumpangi berhenti di rest area atau berhenti di rumah makan. Cobalah jangan terus berada di dalam mobil, keluar sebentar relaksasi dan menghirup udara segar di sekitar. Jangan lupa isi juga perut kamu dengan makanan ringan dan bisa juga minum air jahe hangat atau teh manjs hangat, agar menghalau kembung dan rasa mual.

Tujuh tips ini sangat disarankan untuk kamu yang gampang mabukan perjalanan dan jarang melakukan perjalanan jauh. Persiapkan semua sebelum berangkat mudik, terutama fisik harus sehat dan mantap sampai tujuan kamu. Selamat bermudik dan Semoga tips diatas bisa bermanfaat.
Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url