Lima Cara Mudah: Membuat CV Lamaran Kerja, Recruiter Pasti Tertarik Denganmu


Foto ilustrasi CV

POSTINKS - Pada saat kamu ingin melamar kerja, ada beberapa dokumen administratif yang harus kamu siapkan, salah satunya adalah dafter riwayat hidup atau biasa disebut Curriculum vitae (CV). Perlu diketahui, CV merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang data diri yang di tulis secara singkat namun padat dan berisi kemampuan-kemampuan yang kamu miliki. Biasanya surat ini sering dilampirkan untuk melengkpi berkas melamar pekerjaan.

Cara membuat CV lamaran kerja tentunya sangat mudah tetapi tidak sembarangan dalam menulisnya. Ada beberapa langkah yang perlu kamu pahami sebelum menulis CV, agar terlihat menarik ketika dibaca recruiter, sehingga membuka peluangmu agar lebih cepat dipanggil dan mengikuti tahap test selanjutnya


Cara Mudah Membuat Curriculum vitae (CV)

Dikutip dari beberapa sumber media terkenal, berikut cara membuat CV lamaran kerja step by step yang mudah dipahami tanpa ribet.

1. Membuat format/tata letak sederhana

Jika hendak menuliskan CV, pastikan sebelumnya sudah memilih format khusus dengan layout simple atau minimalis, agar mudah dibaca oleh pimpinan perusahaan, tetapi harus tetap terkesan profesional.

Jika kamu bingung dan tidak punya layout untuk membuat CV, kamu bisa memanfaatkan beberapa situs CV online yang memiliki banyak template dan bisa di akses secara gratis, sehingga lebih mudah dalam menulisnya.

Sebelum menulis, pastikan kamu mengetahui karakteristik perusahaan yang akan kamu lamar.

Misalnya kamu akan melamar pekerjaan di instansi pemerintahan dan perusagaan, sangat disarankan menggunakan format CV yang sederhana agar mudah dibaca.

Jika kamu aan melamar pekerjaan di kreatif industri sebagai tim kreatif. Lebih baik menggunakan template yang unik agar lebih menarik.


2. Isi CV harus jelas

Tulislah isi CV dengan jelas, jangan menuliskan hal yang itu-itu saja. Agar isi terlihat lebih berkualitas dan profesional.

Beberapa hal yang cukup kamu tuliskan pada CV, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor telepon, alamat email aktif, riwayat pendidikan, dan deskripsi pekerjaan dari pengalaman sebelumnya. Jika memiliki prestasi juga bisa kamu cantumkan.

Sangat disarankan, menulis CV itu lebih baik 1 lembar saja, walaupun banyak yang ingin kamu tulis. Kalau bisa di ringkas saja tapi padat dan langsung to the point saja.


3. Pengalaman kerja yang relevan pada bidangnya

Tidak hanya layout saja yang harus bagus, tetapi agar CV yang kamu tulis menarik juga harus berisi informasi yang relevan terkait pekerjaan yang dilamar.

Kemudian, kamu juga bisa melampirkan portofolio yang menjelaskan tentang pencapaian-pencapaianmu selama bekerja sebagai pelengkapinformasi. Karena biasanya pimpinan perusahaan lebih memilih orang yang berpotensi dan berpengalaman di bidangnya.


4. Tuliskan referensi

Pada saat membuat CV lamaran kerja, kamu wajib menuliskan referensi karena itu hal yang penting bisa meningkatkan kesempatan agar keterima kerja di perusahaan yang kamu lamar.

Referensi adalah orang tepercaya yang mampu merekomendasikan kamu dengan cara memberikan informasi dan memvalidasi semua skill, pengalaman kerja, serta performa yang kamu tulis ke dalam CV.

Cantumkan juga nmor HP orang yang merekomendasikan kamu, agar perekrut bisa memastikan hal tersebut. tetapi sebelumnya harus sudah di izinkan oleh pemilik nomor hp agar bisa nomornya diletak di CV yang kamu tulis.


5. Pilih font formal dan simple

Gaya huruf pada tulisan juga merupakan hal yang  penting. Jangan mengaplikasikan font tulisan yang yang tidak jelas, ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil. Pada template CV sederhana tidak disarankan memiliki terlalu banyak elemen berbeda seperti font, warna, atau teks tebal dan bergaris bawah.

Berikut contoh Jenis font yang bisa digunakan yaitu Sans Serif seperti Arial, Times newroman, Helvetica atau Verdana. Sementara itu untuk ukuran huruf standartnya dari 12 sampai 14 karena tidak teralu besar dan tidak terlalu kecil. Pastikan ukuran huruf bisa dilihat dan bisa sekali dibaca.

Jangan lupa, lampirkan beberapa berkas penting sesuai petunjuk, pastikan nama file CV sudah benar, gunakan alamat email profesional, dan perlu diketahui, sebaiknya kirim CV di pagi hari.

Itulah lima langkah cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar, serta memiliki peluang supaya dilirik pimpinan perusahaan, sehingga kamu berpotensi bisa mendapat panggilan ke tahap yang selanjutnya.

Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url