Lengkap: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Contoh Surat

Foto ilustrasi membuat surat lamaran kerja

POSTINKS -Selain dokumen administratif yang lain, seperti KTP, KK, Ijazah, Pas foto, Curriculum Vitae (CV) dan sebagainya. Ternyata ada yang lebih penting, yaitu surat lamaran kerja juga harus dibuat dengan benar saat hendak melamar pekerjaan di sebah perusahaan. Banyak orang yang salah dalam menulis/mengetik surat lamaran kerja. Kesalahan yg sering dilakukan adalah menyingkat kata dalam surat tersebut. Oleh sebab itu disini saya akan memberi tutorial cara membuat surat lamaran kerja dengan format yang benar.

Sebelumnya, jika surat lamaran kerja yang kamu ketik sudah benar dan menarik tanpa ada typo sedikit pun atau tya letak yng salah. Tentunya hal tersebut akan membuat Pimpinan/HRD Perusahaan akan mempertimbangkan kamu menjadi calon karyawan yang potensi.

Fungsi dari surat lamaran kerja itu sendiri sebagai pengajuan alias surat permohonan resmi untuk bekerja di sebuah perusahaan. Pada umumnya surat ini disertai dengan beberapa dokumen pendukung yang menjadi lampiran pada saat melamar.

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dalam membuat surat lamaran kerja yang bagus & benar, dikutip dari laman media ternama.

1. Penulisan tanggal dan tempat

Penulisan tempat dan tanggal perlu diperhatikan pada saat menulis surat lamaran kerja. Biasanya tempat dan tanggal diletak pada bagian pojok kanan atas surat atau bisa juga diletak di pojok kiri atas.

2. Tujuan surat

Pada saat pembuatan surat juga, kita harus tau kepada siapa tujuan surat tersebut dan disampaikan kepada siapa. Tambahka kata "Yang Terhormat" Atau "YTH", Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima. Kamu juga harus mengetahui jabatan si penerima lamaran di perusahaan tersebut, Sehingga surat lamaran kerja yang kamu tulis terasa lebih personal. Jangan lupa juga di bagian bawah surat, wajib kamu tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Menulis Salam Pembuka dan Pengantar

Tulislah kalimat salam pembuka dan kata pengantar pada paragraf pertama surat. Untuk ucapan salam pembuk, disarankan lebih baiknya menggunakan klimat yang universal, seperti "Dengan hormat". Setelah itu barulah calon pelamar kerja dapat menjabarkan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang di dapat dan tengah dilamar tersebut.

4. Data diri

Walaupun nanti ada KTP yang terlampir, sebaiknya kmu juga harus menuliskan identitas diri kamu dalam surat lamaran. Yang harus kamu tulis adalah nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat email, dan nomor hp.

5. Deskripsi Singkat

Setelah mencantumkan data diri, yang harus kamu tulis adalah pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki. Agar HRD bisa mempertimbangkan apakah kemampuan yang dimiliki pelamar kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pelamar juga bisa menjelaskan posisi pekerjaan yang ingin di lamar.

6. Penutup

Bagian ini biasanya berisi kalimat harapan calon pelamar kerja agar dapat dipertimbangkan oleh HRD sebagai calon karyawan, dan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yakni wawancara.Jangan lupa ucapkan juga terimakasih kepada pimpinannperusahaan karena sudah membaca surat lamaran kamu.

Pada bagian bawah surat lamaran harus di lengkapi dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja tepat di bawah penutup sebelah kanan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Contoh surat lamaran kerja


Begitulah cara membikin surat lamaran kerja yang baik & benar beserta dengan contohnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 
Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url