Menurunkan Tingkat Stunting, Kelompok 21 KKN Adakan Penyuluhan

Foto kegiatan penyuluhan stunting kelompok KKN 21 UINSU
Menurunkan Tingkat Stunting, Kelompok 21 KKN adakan Penyuluhan Batubara, Postinks - Kelompok 21 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) melangsungkan kegiatan penyuluhan Stunting dengan mengusung tema "Pencegahan Stunting Pada Anak Usia Dini" dihadiri oleh Ibu Hamil, Ibu Menyusui, bidan desa dan juga Remaja Desa perkebunan Tanah Datar dengan jumlah 35 peserta. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanankan pada kamis, 28 Juli 2022 di Desa Perkebunan Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara.

Arsyad Kamal Sembiring selaku ketua Kelompok 21 KKN UIN SU mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan Stunting ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok 21 KKN UIN SU "Kegiatan yang dilaksanakan ini yaitu penyuluhan Stunting dengan tema Pencegahan Stunting pada anak Usia Dini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan dari jauh hari sebelum KKN di mulai, dengan berbagai dukungan dari berbagai pihak Alhamdulillah kegiatan nya dapat terlaksana" katanya.

Merawati selaku penanggung jawab kepala desa perkebunan tanah datar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok 21 KKN UIN SU "Saya selaku penanggung jawab kepala desa perkebunan tanah datar sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan hari ini, semoga kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat dapat terus dilaksanakan di Desa Perkebunan Tanah Datar Ini,"harapnya.

Alfin Qodri Hafiz selaku pemateri pertama dan merupakan salah satu anggota kelompok KKN 21 UIN SU menjelaskan bahwa stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tidaknya tinggi badan dibawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang kesehatan, berdasarkan Perpres 72 tahun 2021 sebagai payung hukum dalam percepatan penurunan stunting,"jelasnya.

Tri Handhini selaku pemateri kedua dan juga merupakan salah satu anggota kelompok 21 KKN UIN SU menjelaskan bahwa faktor penyebab Stunting adalah kurang asupan makanan bergizi, sanitasi dan higiene yang buruk, pola asuh yang kurang baik, tidak memberi MP-ASI bergizi dan tidak diberi ASI eksklusif sampai dengan 2 tahun. Hal ini lah yang menjadi faktor terjadinya Stunting pada anak.


Reporter: Anita Sari 
Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url