Bahaya Begadang Untuk Kesehatan Dan 5 Cara Mengatasi Begadang Secara Efektif

Foto Ilustrasi Begadang / Dok Konimex

Apa itu begadang?

Begadang adalah suatu kondisi dimana seseorang berjaga tidak tidur dimalam hari dan menahan rasa kantuk sampai larut malam, bahkan sampai menuju.pagi. Manusia secara normal harus tidur minimal 8 jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari 6 jam.

Apa bahaya begadang untuk diri kita? 

Dampak negatif dari begadang adalah memberikan kelelahan bagi tubuh. Efek lanjutanya adalah hal ini bisa mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah serta konsentrasi. Selain itu, begadang juga bisa mengurangi kemampuan memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan.

Apakah begadang baik untuk kesehatan?

Begadang dan tidur 5 jam atau kurang berpengaruh pada peningkatan risiko hipertensi dan jantung koroner. Kadar darah putih akan meningkat dua kali lipat saat tidur pagi. Hal ini bisa menyebabkan tubuh rawan terkena penyakit kanker darah.

Apakah begadang dapat menyebabkan kematian?

jika kamu memiliki kebiasaan begadang, pola hidup ini bisa saja membahayakan nyawamu. Kegiatan yang satu ini akan memicu timbulnya masalah kesehatan yang menjadi penyebab kematian. Tidur kurang dari enam jam semalam akan menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh. Lalu bagaimana cara menghilangkan kebiasaan begadang?

5 Cara Mengatasi Begadang Secara Efektif

  1. Jangan pegang ponsel atau handphone ketika ingin tidur.
  2. Jangan terlalu lama tidur siang.
  3. Olahraga di sore hari agar badan terasa lelah dan ingin segera tidur atau istirahat.
  4. Banyak minum air putih.
  5. Jangan makan terlalu larut malam.

Kesimpulan

Mengingat bahaya nya begadang, mulai dari sekarang ayo! terapkan waktu tidur yang sehat untuk hidup yang lebih sehat. Jika pola tidur sudah teratur Insaallah kita akan selalu sehat. Semoga artikel singkat tentang  Bahaya Begadang Untuk Kesehatan Dan 5 Cara Mengatasi Begadang Secara Efektif, ini bermanfaat untuk kita semua terutama untuk orang-orang yang sering begadang.

Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url