Cara Terbaru dan Ampuh Mengatasi HP yang Lemot

Foto ilustrasi HP

POSTINKS - Untuk sebagian besar orang saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, seperti membantu menghubungkan komunikasi, hiburan, transaksi dan lainnya.

Hampir semua orang memiliki smartphone dan banyak juga yang berkeluh kesah tentang performa ponsel mereka yang semakin hari semakin Lemot dan terkadang juga macat ketika membuka aplikasi yang besar.

Perlu diketahui, ponsel yang lemot disebabkan oleh banyaknya pembaruan aplikasi android secara teratur dan memakan ruang lebih besar sehingga menjadi ancaman bagi kecepatan ponsel.

Cara ampuh mengatasi Smartphone lemot

Ini adalah cara terbar, ampuh dan mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi smartphone lemot:

1. Kosongkan ruang penyimpanan

Dikutip dari  situs Android Police, ketika ruang penyimpanan ponsel mulai habis, kinerja akan menjadi lambat bahkan aplikasi yang di buka bisa jadi force close.

Masalah performa ponsel akan berpengaruh saat ruang penyimpanan perangkat yang tersedia kurang dari 10% dan sangatbdi sarankan, lebih baik sisakan penyimpanan ruang menjadi 20% agar tidak terlalu lemot.

2. Uninstall aplikasi tak terpakai

Biasanya aplikasi yang tidak digunakan mengambil ruang penyimpanan di ponsel Anda dan dapat mengurangi kapasitas memori (RAM) jika berjalan di latar belakang.

Lebih baiknya mencopot atau uninstall aplikasi lama yang tidak terpakai, sehingga bisa meningkatkan kinerja kelancaran pada sistem dan meningkatkan masa pakai baterai.

3. Restart handphone

Reboot ulang atau restart ponsel merupakan hal paling umum yang sering dilakukan sebagai solusi mengatasi pengkat lemot. Langkah sederhana ini dapat diblakukan di semua jenis ponsel dan bagus untuk memperbaukibkinerja ponsel Anda, terutama jika beberapa proses aplikasi latar belakang yang mengganggu menyebabkan penurunan. Langkah baiknya, lakukan restart ponsel setidaknya seminggu sekali.

4. Gunakan aplikasi versi lite

Sekarang ini banyak aplikasi versi lite yang di sediakan oleh Google dan beberapa pengembang aplikasi lainya. Mereka membuat edisi lite dan go untuk perangkat Android lama dan kelas bawah seperti, android yang masih OS kitkat, lollipop dan lainnya.

Aplikasi edisi lite lebih kecil, sebagai alternatif yang tidak membutuhkan banyak sumber daya yang begitu besar dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

5. Perbarui perangkat lunak terbaru

Jika ponsel kinerja mulai terasa lamban seperti siput, coba periksa update prangkat lunak, jika tersedia, segeralah unduh dan instal pembaruannya.

Pihak Google selalu mengoptimalkan prangkat Android setiap rilis baru. Sebagian besar developer juga melakukan hal yang sama untuk memperbaiki bug dan perangkat lunak mereka.

Jika unduhan pembaruan prangkat lunak sudah selesai, maka langsung install dan hp akan restart dengan sendirinya dan membutuhkan waktu pemuatan aplikasi.

6. Reset Factory atau reset pabrik

Jika semua petunjuk sudah anda ikuti  sejauh ini dan prangkat masih juga lemot, ini saatnya menggunakan langkah terakhir. Reset pabrik adalah cara yang sangat baik dan paling ampuh untuk meningkatkan kinerja.

Cara ini mengembalikan perangkat Anda ke status stoknya dan menghapus semua data dan sampah pada prangkat android. Sebelum melakukan reset factory, sebaiknya cadangkan terlebih dahulu data-data penting pada prangkat anda.

Demikian cara paling ampuh dan mudah mengatasi smartphone yang lemot, semoga membantu.

Sebelumnya Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url